Friday 20 May 2016

7 Kue yang Selalu Disajikan Saat Lebaran

Lebaran adalah hari raya umat islam. Umat islam biasanya memperingati lebaran saat idul fitri dan idul adha. Ada beberapa tradisi saat merayakan lebaran mulai dari bersalam-salaman saling mohon maaf, pulang ke kampung halaman atau biasa disebut mudik dan tradisi lebaran lainnya.



Ada yang menarik saat lebaran, bukan baju baru juga bukan karena banyak yang membakar kembang tapi Kue Khas yang disuguhkan saat lebaran. Umumnya umat islam di Indonesia menyediakan suguhan untuk menyambut tamu yang datang saat lebaran. Berikut ini adalah Kue Khas lebaran yang selalu jadi suguhan:





Biskuit Khong Guan

Ini adalah Kue Khas Legendaris, karena hampir semua rumah pasti menyediakan Kue Khas lebaran legendaris ini. Khong Guan adalah biskuit yang tidak monoton, kenapa? Karena Biskuit Khong Guan memiliki beragam biskuit dalam satu kaleng. Terkadang Kaleng Biskuit Khong Guan tidak berisi Biskuit buatan Khong Guan tapi berisi rengginang, marning dan Kue Khas lebaran legendaris lainnya.





Kue Kering

Kue kering juga tak kalah populer dari biskuit khong guan. Kue kering terbuat dari tepung, gula, mentega dan telur. Terkadang juga diberi pewarna dan perasa coklat. Yang menarik dari kue kering adalah bentuknya yang beragam. Bentuknya sangat beragam ada yang berbentuk bunga, hati dan bentuk unik lainnya.





Kuping Gajah

kenapa diberi nama kuping gajah? Ya, karena bentuk dari kue kering ini seperti telinga gajah. Kuping gajah berbahan dasar tepung terigu dan telur. Cara pembuatannya dengan cara digoreng sampai berwarna kuning kecoklatan. Agar menarik terkadang kuping gajah diberi warna tambahan. Harganya murah dan rasanya yang enak membuat orang-orang selalu menjadikan kuping gajah sebagai suguhan saat lebaran.





Marning

Marning adalah snack jagung khas indonesia, marning juga selalu menjadi pilihan suguhan camilan saat lebaran. Marning terbuat dari jagung, garam, kapur sirih dan bumbu. Lalu perpaduan resep tadi digoreng hingga matang. Marning memilki rasa yang enak, gurih dan renyah.





Rengginang

Rengginang juga tak kalah populer dengan Kue khas lebaran yang saya sebutkan diatas. Rengginang berbahan dasar beras ketan, bawang putih, terasi, ketumbar dan penyedap rasa. Rengginang dikenal dengan tekstur yang renyah dan gurih, tak ayal Rengginang menjadi Kue khas lebaran yang cepat habis.





Kacang Sembunyi

Kacang sembunyi ini adalah camilan yang sangat unik. Kue Khas lebaran ini terbuat dari tepung terigu, gula, kacang, dan mentega. Kacang sembunyi juga memiliki berbagai rasa, ada yang manis dan pedas. Rasanya renyah, cocok untuk sajian saat lebaran.





Kacang Telur

yang terakhir adalah kacang telur, kacang telur tergolong camilan yang sederhana. Meski sederhana memiliki rasa yang renyah dan juga beragam. Ada yang manis dan juga pedas. Kacang telur terbuat dari tepung terigu, gula halus, kacang, garam, bawang dan margarin yang sudah dicairkan.

33 comments

kalo saya suka ada kue Khong Guan dan Kuping Gajah pada saat lebaran,tapi,makanan lainnya juga enggak kalah enak :D,nanti saya usulkan kepada keluarga semoga saja semua kue diatas bisa ada saat lebaran :D

Wah paling legend khong guan hehhe

Yang paling legendaris tetap Khong Guan.
Tapi saya lebih suka Kuping Gajah

Kalau lebaran mesti ada khong guan, tapi yang diambil yang rasa coklat doang gan, haha

kong gua memang sudah sangat legendaris. top dah, haha

kuping gajah gak pernah ketinggalan gan hehe

Khong Guan selalu punya kejutan gan, kelihatannya enak eh pas dibuka ternyata rengginang... :)

kalo dirumahku itu khong guan isi krupuk gadung gan.
hehehehee

kuping gajah gak pernah ketinggalan gan hehe

yang pasti setiap lebaran pasti ada khong guan di rumah gw

Yang paling legendaris adalah Rengginang gan haha

haha nomor satunya adalah khong guan. Ane selalu ketipu gan pas dibuka isinya rangginang wkwkwk

jangan lupa rengginang, biasanya di dalem kotak khong guan wkwkwk

Rengginang makanan paporit aq, tanpa Rengginang rasanya kurang pas klo lebaran

wah, nggak ada nastar gan,hehe

khong guan, itu kue dr dulu tetep sama rasanya....

Mantap, persiapan lebaran sebentar lg

no 1 adalah kue php ,yg dalamnya pngnya kue eh malah rangina yang ada

Kalo di desa ane namanya "Kocor" gan :v entah kenapa setiap mau salam2an pasti terlihat Kocor di meja , :v

Pengalaman ane buka kaleng khong guan isi rengginang wkwk :'v

Benar banget gan,apalagi khong guan tapi kalo ane suka yang cokelat

Njirr ini semua membuat saya lapar gan :v

enak banget nih gan :g jadi ga sabar nunggu lebaran :v

Makanan legend gan kongguan :v

mantab...
ane pastinya kalau lebaran makanan biskuit khong guan
selera keluarga

Gue pernah ke pabrik Biskuit Khong Guan di cimanngis,,, wangi banget disana...

Berkomentarlah Sesuai Topik yang dibahas, Jangan sertakan link aktif.
EmoticonEmoticon