Wednesday 18 May 2016

Mau Irit Kuota Internet? Ikuti Tips Ini



Kuota Internet Belakangan ini menjadi kebutuhan primer pengguna ponsel pintar. Dulu operator memberikan promo Tarif nelpon dan sms murah. Tapi seiring perkembangan teknologi dan banyaknya pelanggan yang beralih menggunakan Internet, Operator kini memberikan promo kuota internet dengan harga yang sangat murah.

Meskipun tarif kuota internet sudah murah, tetapi masih banyak juga orang yang kecewa. Kenapa bisa kecewa? Karena kurang cermat dalam menggunakan kuota internet, hal ini menyebabkan penggunaan kuota yang cepat habis atau lebih dikenal boros. Berikut ini adalah tips yang dapat menghemat kuota internet

Matikan Update Otomatis
alangkah baiknya jika kamu mematikan update otomatis. kenapa? karena jika fitur update otomatis dihidupkan, smartphone akan mendownload firmware secara otomatis tanpa kamu ketahui. Rata-rata ukuran firmware smartphone jaman sekarang 300 Mb keatas, kehilangan kuota 300 Mb sama dengan kehilangan kesempatan Chatting di BBM Selama 10 hari. Disarankan menggunakan WiFi jika ingin mengupdate firmware.

Pilih Konektifitas Rendah
dalam kurun waktu 6 bulan ini, operator berlomba-lomba memberikan layanan 4G. Disini pengguna harus cerdik, pikirkan buat apa kita menggunakan internet. Jika hanya sekedar browsing dan chatting gunakan saja koneksi 2G, Gunakan 4G disaat download atau streaming.

Matikan Sinkronisasi Otomatis
Seiring berkembangnya teknologi, aplikasi berkembang dengan cepat sehingga kita akan selalu diminta untuk mengupdate aplikasi. Hal ini akan memperboros penggunaan kuota, bagaimana mengatasinya? Matikan Sinkronisasi otomatis. Sinkronisasi otomatis ini tentunya memaksa ponsel untuk terus menerus menggunakan akses internet

Berhenti Main Game Online
Berhenti Main Game Online sangat sulit dilakukan karena Game online saat ini jadi tren dikalangan pengguna smartphone. Game online ini menyuguhkan pertandingan melawan orang antah berantah. Pastinya Game Online memakan kuota yang besar dalam waktu singkat.

Jauhi Video Call
jika kamu berpikir YouTube adalah aplikasi paling boros, itu adalah suatu kesalahan. Video Call yang kini tersedia di BBM, Skype dan Line ini adalah faktor borosnya kuota. Bahkan sesuai pengalaman saya video call bisa dikatakan dua kali lebih boros daripada YouTube.

Batasi Penggunaan Data Background
biasanya aplikasi yang menggunakan data berjalan di backround ini adalah aplikasi messanger dan youtube, kita akan kehilangan kuota tanpa sepengetahuan. Hal ini sering terjadi pada pengguna smartphone pemula

Gunakan WiFi
Jika kamu tidak bisa menghindari 6 tips yang saya sebutkan diatas, gunakanlah WiFi. Tenang saja, saat ini Banyak cafe yang menyediakan akses WiFi Gratis. Cukup bermodalkan uang untuk membeli secangkir kopi, kamu sudah bisa download, upload, browsing dan streaming sampai puas.

37 comments

wkwkw saya boros banget gan 3 gb buat 3 bulan malah abis gak sampe sebulan makasih gan tips nya :D

emang luar biasa tipsnya (Y)

Aq sih cumn pke blog blogan aja jdi 1 gb cukup buat 1 bln ...

Mau dicoba praktekin tapi sayang Android saya lagi rusak hmmm :'(

Saya akan coba praktek kan..
Thanks info nya.

dihape saya selalu ada update otomatis jdi kuota tanpa sadar kesedot deh...mantap infonya gan

Sipp gan, boleh dicoba tipsnya

tipsnya sangat membantu, kadang saya 11gb ga sampe sebulan:(

untung saya ada wifi di rumah :3

Patut gua terapi di Android gua nih....soalnya kuota gua cepet habis

kayanya kalo orang seperti saya tidak bisa irit kuota gans, kuota 8 GB ludes hanya dalam 20 hari wkwk tapi tidak masalah sih saya pake paket murah disini PAKET INTERNET TELKOMSEL TERMURAH

Tipsnya sangat bagus, ditunggu tips ngirit kuota buat pc ya gan

kalo saya selalu memakai wifi di rumah sedangkan jika keluar baru saya hidupkan data internet nya..

pakai WIFI aja gan hehe, btw ane pakai tri 1 GB untuk 3 hari, kalo masih ada kuta buat jadi modem aja via HP :D

tips nya bermanfaat nih

Thanks Bro Sangat Bermanfaat. :D

wusss,, mantep nih gann!! wajib di coba :D

satu lagi gan, gunakan ad ons image blocker

Yang paling susah itu. Menahan supaya nggak download. Kalo udah punya kuota pasti bawaannya mau download terus.

infonya ane udah tau sih tapi penasara pengen baca lagi eh tapi ttp sama seperti yang ane terapkan hehehe

wah mas Adya Razan tipsnya simple mudah dimengerti... saya akan coba untuk menerapkannya di smartphone saya... yah,barangkali penggunaan kuota bisa hemat dan tetap awet :D juga bisa hemat kantong hehehe :)

Wifi juga bayar kali bos.. wkwkwkw

matikan update otomatis ane udah ok, main game online gak terlalu suka ... tapi yang gk bisa ane tahan adalah donlot film terbaru ... tapi artikelnya bagus gan ...

Saya akan mencoba di HP saya....thx

wah mantap nih, thanks gan jadi irit, biasa 1 hari ajah abis 2 GB buat ngoprek blog doang :D makasih

saya pake wifii unlimited gan, tapi bagus juga nih kalo lagi pulang kampung

Mantap nih..
soalnya Paket internet pada mahal semua skrg.

ini yang saya cari cari gan :) kuota saya boros terus ijin nyoba tips dari agan ya :)

makasih infonya tp sekarang ini tarif internet naik kemarin saya beli kuoto 2 gb belum 1 minggu sudah habis padahal cuma facebookkan aja....

wah artikel bagus gan bisa di coba nih cara nya gan
thx info nya,!

artikelnya bagus gan sangat membantu saya untuk mengirit2 kouta hehe

Kalau ane sih gan. Gak pake update otomatis, sync biasanya di Setup kalau ada wifi aja. Trus beberapa program chat yang menguras data ane non aktifkan notifikasinya.

Oiya, kalau di kantor pame wifi.

Hasilnya, jatah 5GB sebulan masih sisa 1 - 1,5 Gb.

Berkomentarlah Sesuai Topik yang dibahas, Jangan sertakan link aktif.
EmoticonEmoticon