Thursday 15 October 2015

10 Jajanan Pasar Indonesia yang Melegenda

Indonesia, negara yang kaya akan budaya Juga dikenal dengan negara seribu pulau. Indonesia juga memiliki banyak suku bangsa, tentu setiap suku bangsa memiliki tradisinya masing-masing seperti adat, pakaian, makanan dan sebagainya. Selain yang sudah saya sebutkan tadi negara yang Memiliki semboyan bhineka tunggal ika ini memiliki jajanan pasar yang legendaris, kenapa saya bilang legendaris? Alasannya karena hampir diseluruh indonesia ada penjual jajanan ini. Bicara tentang rasa, buh tak diragukan lagi Indonesia punya bro.

Selain rasa, tentu saja harga dari jajanan legendaris Indonesia yang takkan hilang oleh jaman ini yang merakyat. Jadi, apabila kamu ingin coba jajanan ini tak usah ragu-ragu lagi. Untuk mendapatkannya pun mudah, cukup pergi ke pasar tradisional atau melalui pedagang yang berkeliling. Sebenarnya, jajanan legendaris di Indonesia ini banyak sekali namun saya pilih 10 jajanan yang akan saya posting di Artikel ini. Rencananya akan dijadikan berpart-part, karena kalau tidak dijadikan berpart-part post ini akan menyita waktu penulisan yang lama dan Artikel ini terkesan terlalu panjang. Ok, berikut ini adalah jajanan pasar legendaris Indonesia:


1. Cenil
Jajanan satu ini sama-sama terbuat dari tepung kanji dan biasanya disajikan dengan parutan kelapa, lalu dilumuri  Atau gula merah cair.


2. Lemper
Belum pernah makan lemper itu sama dengan menyianyiakan hidup haha, lemper terbuat dari ketan dengan abon ayam didalamnya. Wih manteb mas.


3. Onde-Onde
Bentuknya bulat dengan balutan biji wijen dengan isi kacang hijau. Duh, rasanya kayak ada manis-manisnya gitu.


4. Lopis
Jajanan yang satu ini mirip lontong, bedanya lopis disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Terkadang juga disajikan dengan cenil.


5. Nagasari
Jajanan yang terbuat dari Tepung kukus berisi pisang ini merupakan jajanan yang selalu ada terutama dalam acara kenduri.


6. Lapis
Rasanya kenyal-kenyal dengan berwarna-warni yang unik. Tampilan dan rasa dari jajanan ini sama-sama unik lo.


7. Kucur
Nah, ini juga tergolong jajanan yang selalu ada dalam kenduri. Akan lebih pas jika ditemani secangkir kopi.


8. Klepon
Makanan ini berbentuk bulat, berwarna ijo, dilumuri parutan kelapa dan didalamnya ada gula merah.


9. Otak-Otak
Ikan tengiri yang dibakar dalam bungkusan pisang ini enak banget, apalagi ditambah saus kacangnya


10. Molen
Jajanan ini awalnya diisi pisang, namun sekarang banyak juga yang mengganti isinya dengan kacang ijo dsb.


Itulah 10 jajanan Pasar Indonesia yang melegenda, budayakan untuk melestarikan budaya Indonesia dan selalu tanamkan rasa cintailah ploduk-ploduk Indonesia.


39 comments

Kuw lapis paling kusuka, kenikmatannya berlapis-lapis

Kuw lapis paling kusuka, kenikmatannya berlapis-lapis

Berati satu selera sama ane bang

kalau saya sih hampir semua yang saya suka :D

Hahah , saya cuman suka Otak otak , onde onde , sama molen juga :D
apalagi kalo molennya itu isinya pisang yang rasa cokelat :D

Bener-bener orang Indonesia ente mas (y)

Kalo saya suka molen isi kacang ijo

hmm ngiler gan, sama yang onde-one dan otak-otak

:D saya sudah pernah mencicipi jajanan yg melegenda ternyata :D

wah sering beli ini saya gan

ane suka lumpia gan buat makan pagi pke sambel ama nasi anget enak :D

Saya suka nagasari :v manis manis gitu

Aduh, terlewatkan mas. Nanti di post part 2

Ane juga gitu mas, tapi pake saos tomat

Jajanan legendaris emang manteb mas

Gethuk,lapis,onde onde,gorengan,molen,minumnya es dawet beh mantap gan wkwk

gw suka tuh kucur, hehehe, manis manis gitu, gulanya muncrat didalem, enak dah

saya suka kelpon wkwk enak gitu

Molen sama klepon paling suka gan,nice info

wkwkwk mantab gan sama nih kesukaannya hhe

molen rasa pisang atau coklat nimat rasanya wkwkkw

Pagi2 udah seger aja liat kaya beginian... Nice posting gan.. Sedapppp kepasar lah nyari yng kaya beginian

Berkomentarlah Sesuai Topik yang dibahas, Jangan sertakan link aktif.
EmoticonEmoticon