Wednesday 28 October 2015

10 Permainan Tradisional Indonesia yang Terlupakan

Sesuai judul yang anda baca, kali ini saya akan membahas tentang 10 Permainan Tradisional Indonesia yang Terlupakan. jika anda pernah Memainkan salah satu 10 Permainan Tradisional Indonesia yang Terlupakan ini, berarti anda seumuran dengan saya. Kenapa saya bilang begitu? Karena akhir-akhir ini permainan Tradisional Indonesia ini sudah jarang dimainkan. Miris memang, melihat generasi anak-anak jaman sekarang lebih memilih bermain dengan gadget.

Padahal ada beberapa keuntungan jika anak-anak Bermain Permainan Tradisional Indonesia yang Terlupakan ini. Apa keuntungannya? Permainan Tradisional Indonesia yang Terlupakan rata-rata membuat anak-anak bergerak (seperti berolahraga), tak hanya itu juga bermanfaat untuk membudayakan permainan Tradisional Indonesia untuk generasi baru.

Di Artikel ini saya akan merangkum 10 Permainan Tradisional Indonesia yang Terlupakan, tujuan saya menulis Artikel ini untuk mengingatkan pembaca dewasa bernostalgia dimasa kecil dan mengenalkan Permainan Tradisional untuk Pembaca Anak-anak. Berikut ini adalah 10 Permainan Tradisional Indonesia yang Terlupakan Versi saya, Ok langsung saja:


1. Petak Umpet
Petak umpet adalah permainan hide and seek yang dimainkan dua orang atau lebih. Semakin banyak yang memainkan, makan akan semakin seru permainan ini. Biasanya petak umpet diawali dengan hompimpah untuk menentukan siapa yang jaga. Anak yang bertugas menjaga biasanya disebut kucing. Kemudian si kucing akan mencari pemaib lain, pemain yang ditemukan akan berganti tugas sebagai kucing.


2. Balap Karung
Ini ajang balapan legendaris anak jaman dulu nih, tak perlu habis uang banyak untuk beli dan modif motor karena ajang balap ini menggunakan karung. Cara bermain balap karung sangat mudah. Rider hanya harus masuk kedalam karung yang telah disiapkan kemudian berbaris pada garis start. Ketika peluit dibunyikan rider berlompatan sambil memegang karung dilintasan sampai garis finish.


3. Bekel
Permainan cewek punya nih, Bekel adalah bola membal yang terbuat dari karet. Permainan ini dimainkan dengan cara melempar bola bekel dan menangkap/membolak-balikan kuningan. Apabila bola gagal ditangkap, maka pemain lain akan mendapatkan giliran.


4. Kelereng
Dimulai dengan menggambar garis di tanah, pemain kemudian menentukan berapa kelereng yang dibuat taruhan. Permainan ini membutuhkan skill menembak yang baik. Kelereng yang digunakan membidik biasanya disebut gaco, apabila gaco mengenai target dan target keluar garis, maka kelereng yang Keluar garis dapat diambil.


5. Congklak
Congklak adalah salah satu permainan tradisional yang paling populer dimainkan anak zaman dahulu. Permainan ini dimainkan diatas papan yang memiliki
lubang-lubang tempat meletakkan biji permainan. Biji ini dapat berupa batu/kelereng/biji-bijian/atau yang lain.


6. Layang-layang
Wah kalau yang satu ini alhamdullilah Masih populer nih, tapi di desa. Bukan cuma menerbangkan layang-layang tapi permainan-permainan ini juga ada rivalitanya di Tempat saya disebut sambitan


7. Lompat Tali
Permainan-permainan ini umumnya dimainkan oleh cewek, tapi ada juga cowok yang suka main ini. Permainan-permainan ini membutuhkan minimal 3 pemain, 2 pemain sebagai pemegang karet dan 1ym yang meloncat.


8. Egrang
Egrang adalah tongkat yang terbuat dari kayu/bambu yang digunakan untuk berjalan. Tongkat ini diberi tangga pada jarak tertentu dari ujung bawah tongkat untuk tempat berpijak kaki.


9. Gasing
Dalam bahasa jawa disebut kekean. Gasing adalah mainan yang dimainkan dengan cara diputar agar berputar pada suatu titik poros. Pada umumnya gasing terbuat dari kayu/plastik.


10.Ular Naga
Ular Naga adalah satu permainan berkelompok yang biasa dimainkan di luar rumah di waktu sore dan malam hari. Tempat bermainnya di tanah lapang atau halaman rumah yang agak luas. Lebih menarik apabila dimainkan di bawah cahaya rembulan. Pemainnya biasanya sekitar 5-10 orang, bisa juga Lebih.


34 comments

Didaerah ane nomr 1,4,5,6 masih ada gan hehe

Zaman sekarang memang untuk permainan tradisional seperti yang disebutkan diatas
udah jarang sekali ditemui,Efek zaman sekarang lebih memilih untuk bermain gadget,Dulu saya juga pernah merasakan permainan tersebut :)

Petak umpet, Kelereng, Layang layang

masih banyak yg main di daerah saya

gasing, maenan kesukaan pas masih SD taun 2000an hhahaha

1,4,6 masih banyak gan di daerah ane :3

nice , tapi ditempat ane masih bnyak yg main gan

Wah ane jadi inget tuh permainan :v .

Ane dulu cowok yang jago maen bekel di kelas, tapi sekarang sudah terlupakan

wkwkwk ane udah pernah nyoba semuanya wkwkw, alhamdulilah masa kecil bahagia hehe

Cuma layangan doang ane ga bisa mainin-nya haha.
Yang laen udah pernah semua.

hahah jadi inget masa kecil gan

bener tu... banyak permainan tradisional yang sudah terlupaka akibat adanya teknologi gan

sekarang sudah tergantikan gan , : ( ... bersyukur saya bisa merasakan mainan pada jaman jaman itu hehehee :D

Jd keingat masa masa kecil dulu gan

Jadi kangenn masa kecil gua broo :v

wktu kecil ane udaah nybaain permainan itu smuanyaa gan
Tpi kya.a anak" skrg gx pda tau nii permainan inii

sekarang mah udah gak ada lagi gan, gak kayak waktu sya kecil dulu :(

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Sya dlu prnh maen smua itu :v tpi syang, skrang mulai hilang

sayangnya udh jarang permainan d atas d mainin skrg, anak kcil sdh main android semua

dikampung ane masih ada yg sering maenin, seperti engrang, layang2, lompat tali dll tapi klo dikota2 besar udah pada maenan gadget semua

Jadi pengen balik lagi ke jaman dulu.

Rasanya prihatin liat anak jaman sekarang..., mereka sudah mengenal gadget kebanyakan maen cuma ke warnet, kurang aktif di luar. Bakalan kehilangan masa kecil yang bahagia tuh.

Zaman udah berubah, permainan pun udah berubah juga..

Jadi ingat masa kecil ane nih :D

Waahh pengen nangis niihh jadinya mengingat permainan2 itu :')

ini semuanya maenan waktu kecil.... anak sekrng maenannya game online di warnet

1,2,3,4,5,6,7,9 smuanya mainan pas jaman SD dulu.. duh.. agak miris liat anak skarang, mainannya ipon

Paling suka main kelereng dan layang -layang...

dulu waktu kecil semua permainan pernah main heheh....tpi sekarang liat anak kecil udh megang gadget bukan lgi bola atau apa

jadi kangen masa lalu dah huhuhu

Berkomentarlah Sesuai Topik yang dibahas, Jangan sertakan link aktif.
EmoticonEmoticon