Saturday 16 April 2016

6 Faktor yang Dapat Merusak Baterai Ponsel



Baterai adalah salah satu komponen handphone yang penting. Karena baterai dibutuhkan untuk menyimpan dan mengalirkan arus untuk menjalankan handphone. Berdasarkan pengalaman saya baterai adalah komponen yang gampang rusak. Berikut ini adalah ciri-ciri baterai rusak:

Baca Juga: Panduan mengembalikan file terhapus


- Baterai gampang panas, terutama bagian belakangnya

- Kondisi baterai mengembung

- Baterai Cepat habis

- Indikator Baterai Naik Turun

- Baterai bocor secara fisik


Jika anda ingin baterai bertahan lama jauhi lah beberapa faktor yang merusak baterai. Banyak faktor yang dapat merusak baterai diantaranya:



- Dicharge semalaman
Terkadang kita pernah mengecas handphone semalaman baik sengaja maupun tidak sengaja. Maka dari itu disarankan jangan mengecas baterai saat tidur.

- Ponsel tidak pernah dimatikan
Ponsel juga seperti manusia butuh istirahat, jadi ponsel harus dimatikan secara berkala. Hal ini bertujuan untuk mengistirahatkan baterai.

- Digunakan saat Di-Charge
ponsel dilarang Digunakan saat Di-Charge karena dapat meningkatkan suhu Baterai. Ini mengakibatkan merusak komponen Baterai karena dapat meningkatkan suhu Baterai secara cepat.

- Menggunakan Charger tidak sesuai
Terkadang kita sembarangan memilih charger baru, padahal ini adalah salah satu hal penting yang apabila diabaikan dapat memperpendek umur baterai

- Dilepas saat belum penuh
Ini adalah kebiasaan buruk pengguna ponsel. berhubung ponsel sekarang menggunakan Baterai li-ion yang memiliki batas seberapa sering isi ulang intinya semakin sering dicas semakin mengurangi umur baterai.

- Digunakan disuhu yang panas
Ternyata Digunakan disuhu yang panas memiliki dampak positif pada baterai. Oleh sebab itu kurangilah penggunaan ponsel saat diluar ruangan terutama terkena paparan matahari langsung.

29 comments

Ponsel tidak pernah dimatikan ternyata bisa merusak baterai ya gan??.. Baru tahu saya, thanks gan infonya

pantesan batreku boros banget.
makasih gan...

hp ane rusak gara2 waktu itu keseringan dipake :( padahal hp ane iphone s9 -_-

wih semua kesalahannya ada d w :D

:'D Tapi ... Handphone saya sudah di charger satu malam setiap hari kondisi masih normal. yang saya baca juga sih katanya ada fitur auto .

Pantesan battrai hp ane cepet banget habisnya, ternyata karena itu. Keseringan di charger semalaman -_- Karena sekolah sh

Makasih udah mengingatkan mas, alhamdulillah kalau saya ngecas suka dimatikan. Dan ngecaspun akan menunggu sampai baterai lemah.

Gan trimakasih iya infonya semoga berkah dan bermanfaat.
ilmu baru teman baru salam .....

yahh pantesan baterai ane agak boros,soalnya ane kalau tidur hape selalu dicas kwkwk
makasih banyak gan,jadi takut baterai hp ane rusak

wah pantes az batrai saya cepat rusak ternyata gara gara ny sering tak pakai kalau lagi di charg. yhx mas infonya

baterai ane jadi hamil...gara-gara di cash semaleman ama di mainin terus sambil dicash D;!!!

pengalaman pernah batre ane bocor gan

hahaha ane suka pake hp saat hapenya dicharger, ane juga suka dicharger semalaman, udah baca ini ane jadi insyaf

trimakasih gan, bermanfaat sekali artikelnya, pernah rusak batterai saya

makasih infonya gan baru tau :D

Jadi itu sebab nya -_- baru tau

Terima kasih banyak mas, artikelnya sangat membantu...

oh jadi itu toh penyebabnya

mungkin masalah ane di poin no 1 gan , di cash sampe seharian penuh biasanya .

Ane masalahnya baterai cepat habis gan ,TPI thx info nya

terkadang kebanyakan orang lupa lepas batre sambil ketiduran pulas

Udah jadi kebiasaan gan, main game sambil nge-cas jadinya batre gembung.
Mau nggak mau harus bawa power bank kemana mana
Batre kini digantikan power bank

artikel kamu bagus bw balik yah
http://www.adssense.ga/

thanks infonya gan, pantesan batre hp ane cepat abis

tapi kalo ada fitur auto, ngga masalah sih kalo dicas semalaman

Berkomentarlah Sesuai Topik yang dibahas, Jangan sertakan link aktif.
EmoticonEmoticon